Tim Percapatan penurunan (TPPS) Dumai Bahas Strategi Upayakan TurunkanAngka Stunting.

Daerah19 Dilihat

Tim Percapatan penurunan (TPPS) Dumai Bahas Strategi Upayakan TurunkanAngka Stunting

Dumai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai,  Indra Gunawan memimpin Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Dumai yang mengetengahkan upaya dalam melawan stunting di Kota Dumai untuk terus digalakkan, acara kegiatan  bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Dumai, pada Jumat (26/04/2024) yang lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Kota Dumai bersama anggota TPPS membahas strategi-strategi dalam upaya penurunan stunting di Kota Dumai.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi dibawah umur 5 tahun ).
Dalam hal ini, Sekda Kota Dumai, H. Indra Gunawan menjelaskan,

“Stunting adalah masalah yang membutuhkan pendekatan multi-sektoral dan harus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan baik untuk mencapai tujuan tersebut yang mana dalam upaya ini, Pemerintah Kota Dumai sangat serius dalam menyusun dan melaksanakan program-program yang bertujuan guna untuk meningkatkan gizi anak-anak dan pencegahan stunting, dan kita tidak hanya fokus kepada anak stunting tetapi juga kepada keluarga yang beresiko Wasting untuk selanjutnya dilakukan edukasi,”ujarnya lagi.

“Wasting adalah kondisi anak yang berat badannya menurun seiring waktu hingga total berat badannya jauh di bawah standar kurva pertumbuhan atau berat badan berdasarkan tinggi badannya rendah (kurus) dan menunjukkan penurunan berat badan (akut) dan parah. Pemicu wasting biasanya dikarenakan anak terkena diare sehingga berat badannya turun drastis tapi tinggi badannya tidak bermasalah.

Untuk saat ini, ada 168 anak stunting di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Dumai dan TPPS menetapkan 5 fokus stunting yang ada di Kota Dumai,”terang Indra Gunawan.

Pewarta : Hayati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *